Cara Mengobati Keputihan dengan Tanaman Tradisional

By | Oktober 6, 2018

Cara Mengobati Keputihan dengan Tanaman Tradisional – Keputihan adalah cairan yang mengandung campuran sekresi vagina dan lendir serviks. Jumlah keputihan yang diproduksi pun berbeda pada setiap wanita tetapi kondisi ini biasanya bersifat normal. Bahkan keputihan merupakan cara alami untuk menjaga kebersihan miss V.

Cara Mengobati Keputihan dengan Tanaman Tradisional

Beberapa hal yang berdampak pada meningkatnya jumlah cairan keputihan adalah kehamilan, perubahan hormon atau terjadinya infeksi. Biasanya, keputihan dimulai ketika seorang perempuan mendapatkan siklus menstruasi untuk pertama kalinya. Secara natural keputihan membuat miss V tetap bersih, memberikan lubrikasi selama hubungan seksual dan membantu mencegah infeksi.

Keputihan bisa bersifat normal ataupun abnormal. Dalam banyak kasus keputihan bukanlah masalah kesehatan yang serius. Keputihan normal biasanya memiliki tampilan yang bening, bisa tebal maupun tipis dan biasanya tidak berbau. Jumlah dan konsistensi yang dihasilkan mungkin berubah pada waktu yang berbeda selama siklus menstruasi bulanan.

Misalnya, keputihan menjadi lebih tebal dan lebih terlihat ketika wanita memasuki masa ovulasi. Pada kondisi tersebut keputihan juga memiliki kemungkinan untuk berwarna putih. Jumlah keputihan mungkin juga berubah dikarenakan aktivitas seksual dan alat kontrasepsi. Keputihan yang keluar lebih banyak dari biasanya bisa menjadi pertanda keputihan abnormal. Biasanya kondisi ini juga diiringi dengan bau yang tidak sedap, berwarna, terasa gatal dan nyeri ketika buang air kecil.

Meskipun keputihan merupakan kondisi yang normal namun, jika produksinya berlebihan dan terjadi secara terus menerus akan mengakibatkan dampak yang kurang baik untuk kesehatan. Untuk Anda yang sedang mengalami kondisi tersebut Anda bisa mencoba 4 jenis bahan tradisional untuk mengatasi keputihan abnormal, diantaranya:

1. Daun sirih

Daun sirih memang sudah dikenal sebagai obat herbal alami yang dapat mengatasi berbagai masalah kewanitaan. Hal ini secara tidak langsung dibuktikan oleh banyaknya produk pembersih kewanitaan yang menggunkan ekstrak daun sirih. Tentunya bukan tanpa alasan, daun sirih memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Sehingga tak heran daun ini cocok untuk mengatasi keputihan abnormal. Mengonsumsi air rebusan daun sirih atau air rendaman daun sirih yang dibasuhkan pada miss V dipercaya dapat membantu mengatasi keputihan abnormal.

2. Bawang Putih

Meskipun lebih sering dijadikan bumbu masakan, namun bawang putih memiliki kemampuan tersembunyi yaitu dapat mengobati keputihan abnormal secara alami. Sama halnya seperti daun sirih, bawang putih pun mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Dengan sifat tersebut bawang putih efektif untuk mengurangi produksi keputihan yang berlebihan.

3. Kunyit

Siapa yang tak mengenal kunyit, rempah berwarna kuning-oranye ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan salah satunya untuk mengatasi keputihan. Zat anti-bakteri yang ada dalam kunyit mampu memberantas habis keputihan abnormal pada organ kewanitaan. Mengonsumsi air prerasan kunyit sebanyak 2 kali sehari dipercaya dapat membantu proses penyembuhan. Tak lupa cara tersebut harus dilakukan secara rutin. Cara Mengobati Keputihan dengan Tanaman Tradisional

4. Biji Fenugreek

Bahan alami yang satu ini memang masih terdengar asing, bukan? Biji fenugreek dihasilkan dari tanaman fenugreek. Bagian bijinya ini berfungsi menyeimbangkan kadar pH pada miss V Anda. Untuk mendapatkan khasiat tersebut Anda bisa merendamnya dalam air hangat selama semalaman. Setelah itu saring dan konsumsi di pagi hari sebelum sarapan.

Selain mengonsumsi bahan-bahan alami dan tradisional Anda juga dianjurkan untuk senantiasa menjaga kebersihan organ intim. Itulah sedikit informasi seputar acara alami untuk menyembuhkan keputihan. Semoga bermanfaat.

Posted by: Obat Kista Coklat

Cara Mengobati Keputihan dengan Tanaman Tradisional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *